Rencanakan Menu Makanan Diet Anda Yang Sehat

Ada berbagai macam cara yang dapat Anda pilih apabila Anda ingin menurunkan berat badan, misalnya dengan menjalani diet rendah kalori, diet rendah karbohidrat atau diet rendah lemak. Anda juga dapat merancang sendiri menu makanan diet sehat yang Anda lakukan agar lebih menyenangkan dan memenuhi semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Rencanakan Menu Makanan Diet Anda Yang Sehat

Jika anda ingin menjalani diet sehat Yang harus diperhatikan adalah Anda harus selalu memasukkan bahan-bahan makanan yang sehat dalam rancangan menu makanan Anda sehari-hari seperti karbohidrat yang banyak mengandung serat, protein rendah lemak, susu rendah lemak, kacang-kacangan, buah-buahan serta sayuran. Rancanglah menu sehat yang dapat diterapkan selamanya, bukan sekadar menu yang hanya digunakan saat Anda sedang menjalani diet.

Merencanakan Menu Makanan Diet yang Sehat

Berikut hal-hal yang perlu anda perlu anda lakukan dalam merencanakan menu diet yang sehat untuk menurunkan berat badan dengan aman.

1. Mulai Berbelanja

Sebelum berbelanja, buatlah rincian daftar bahan makanan yang harus Anda beli, dan jangan lupa untuk memasukkan bahan-bahan makanan yang sehat dan diperlukan oleh tubuh. Jangan pergi berbelanja saat Anda sedang lapar karena barang yang Anda beli bisa berubah dari daftar yang sudah Anda rencanakan. Jika memungkinkan dan tersedia, pilihlah buah dan sayuran segar, tetapi jika tidak ada Anda bisa mengambil sayuran beku sebagai cadangan.

Untuk produk-produk susu, pilihlah susu rendah lemak atau tanpa lemak, yogurt, dan keju lembut (cottage cheese). Belilah ikan, dada ayam tanpa kulit, daging kalkun, hamburger tanpa lemak, atau daging sapi tanpa lemak. Jika terpaksa memilih makanan kalengan, pilihlah produk yang tidak banyak mengandung sodium.

2. Merancang Menu Sarapan

Sebaiknya Anda menyediakan berbagai macam pilihan makanan untuk sarapan. Misalnya dengan menyantap sepotong roti yang diolesi selai tanpa gula, satu mangkuk buah-buahan segar, dan didampingi dengan putih telur. Di hari yang lain Anda bisa menyantap roti dengan selai kacang dan setengah potong buah jeruk.

Pilihan lain yang juga rendah kalori adalah dengan menyantap sepotong roti dengan telur rebus dan setengah potong buah jeruk. Alternatif lainnya, Anda juga bisa memasak sekitar 113 gram filet dari ikan salmon dan disantap bersama roti yang dibubuhi keju krim tanpa lemak. Jika Anda selalu dikejar waktu, persiapkan sarapan Anda pada malam hari sebelumnya agar Anda tidak melewatkan sarapan.

Baca juga: 8 Tips Diet Sehat yang Cepat dan Aman Menurunkan Berat Badan

3. Merancang Menu Makan Siang

Banyak orang yang sedang menjalani diet menyukai salad sebagai hidangan makan siang. Padukan beragam sayuran dalam salad yang ditemani dengan sedikit daging ayam atau kalkun. Untuk menghindari hidangan yang tinggi kandungan kalorinya, Anda dapat meminum jus lemon yang dicampur dengan daun kemangi, garam dan merica.

Anda juga bisa mengukus brokoli, kubis, dan daun seledri selama lima menit dan mencampurnya dengan cuka. Jika ingin membuat sandwich, pilihlah roti yang terbuat dari gandum murni ditambah dengan mentimun, selada dan ikan tuna, lalu hiasi dengan irisan keju rendah lemak. Untuk hidangan pencuci mulut, pilihan terbaik adalah buah-buahan.

4. Rancangan Menu Makan Malam

Anda harus menggunakan saat makan malam sebagai waktu untuk rileks setelah seharian beraktivitas. Unsur protein bisa Anda dapatkan dari udang, daging babi atau hamburger. Jika sibuk, Anda dapat membuat daging giling yang berasal dari campuran antara daging sapi dan kalkun, lalu ditaburi dengan irisan sayuran seperti seledri, bawang, parsley dan wortel, serta tambahkan pula sebutir telur.

Untuk mendapatkan hidangan yang lengkap, Anda dapat menyantap nasi dengan salad. Tumis sayur-sayuran seperti taoge, seledri, bawang dan brokoli dengan daging ayam, sapi atau daging babi. Untuk menambah cita rasa, bumbui masakan tersebut dengan jahe dan kecap rendah sodium. Hidangkan salad tersebut bersama semangkuk kecil nasi yang berasal dari beras yang tidak dipoles.

Tips Dalam Menjalani Diet Sehat

Hal terpenting yang harus diperhatikan jika Anda ingin menurunkan dan menjaga berat badan agar tubuh tetap sehat adalah dengan mengendalikan dan membatasi porsi makanan yang Anda konsumsi. Biasanya, ukuran satu porsi adalah setengah mangkuk makanan yang dimasak.

Jangan tergoda untuk mengambil sejumput makanan yang dipersiapkan untuk makan malam sebagai camilan, karena tindakan itu bisa menambah jumlah kalori yang Anda konsumsi. Untuk menghindarinya, Anda bisa menyesap jus sayuran ketika Anda sedang memasak makanan untuk makan malam, karena jus itu selain bergizi juga bisa mengenyangkan.

Anda dapat menyantap irisan sayur-sayuran sebagai snack dan mencelupkannya ke dalam yogurt yang sudah dicampur dengan lemon dan keju parmesan. Sebagai bahan celupan untuk sayuran, Anda juga bisa membuat salsa yang terbuat dari tomat, bawang dan paprika.

Nah, itulah cara merencanakan menu diet yang sehat untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan aman. Silahkan jika anda ingin mencobanya di rumah. Semoga bermanfaat!

Rencanakan Menu Makanan Diet Anda Yang Sehat | dank rian | 4.5


Kirim Komentar Anda