Kenali Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Atas dan Bawah

Sakit perut pada bagian sebelah kanan atas maupun bawah sering dialami sebagian besar orang dengan berbagai macam penyebab. Rasa nyeri pada perut sebelah kanan merupakan masalah umum yang dikeluhkan banyak orang dan mungkin anda juga pernah mengalaminya. Bahkan tidak hanya bagian sebelah kanan saja, sakit perut pada bagian sebelah kiri juga sering terjadi pada pria maupun wanita.

Penyebab sakit perut sebelah kanan atas dan bawah

Pada perut bagian sebelah kanan terdapat beberapa organ penting dalam tubuh, pada perut bagian atas terdapat ginjal kanan, hati, Usus Besar, Usus kecil dan kandung empedu. sementara pada bagian bawah terdapat saluran kencing, usus buntu, usus besar dan saluran indung telur pada wanita. Jika sakit perut terjadi bagian kanan atas kemungkinan organ-organ dalam tubuh yang terletak bagian kanan atas tersebut mengalami gangguan, begitupun sebaliknya. Rasa nyeri pada perut terkadang tidak mengganggu tapi terkadang rasa sakitnya melilit dan menyebabkan kram pada perut.

Bila anda mengalami sakit perut terutama pada bagian sebelah kanan baik atas maupun bawah, jangan pernah menganggap sepele hal tersebut segera periksakan ke Dokter dan cari tahu penyebabnya. Hal ini penting sebab siapa tahu rasa sakit pada perut yang sedang anda alami merupakan gejala penyakit tertentu atau ada organ dalam tubuh yang bermasalah.

Dibawah ini kami sajikan beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan atas dan bawah yang kami kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya. Mudah-mudahan sedikit membantu anda mengetahui penyebabnya berdasarkan letak sakit yang dialami. tentunya kondisi yang dialami pada perut bagian kanan berbeda dengan sakit perut sebelah kiri.

Penyebab Sakit perut sebelah kanan atas

Ada beberapa hal penyebab sakit perut sebelah kanan atas yang umum terjadi dan dialami banyak orang, yaitu sebagai berikut :

1. Batu empedu
Batu empedu ini terjadi akibat penyumbatan pada saluran empedu dengan rasa sakit yang tak tertahankan pada perut bagian kanan atas hingga menjalar ke punggung bagian atas, dada dan bahu. Batu ini bisa berupa pigmen berwarna hitam atau coklat dan bilirubin (kolesterol) yang terbentuk di dalam kantong empedu. Adapun gejala yang terjadi biasanya sakit perut diiringi dengan mual dan muntah.

2. Hernia hiatus
Sebagaimana dikutip dari laman Wikipedia Hernia hiatus adalah penonjolan yang terjadi dari bagian atas lambung ke dada melalui hiatus esofagus karena kelemahan dalam diafragma. hernia hiatus sering mengakibatkan mulas atau nyeri pada bagian perut kanan atas, nyeri pada dada dan nyeri ketika menelan makan. Obesitas merupakan Penyebab paling umum. Untuk mengobati hernia hiatus dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup seperti menyesuaikan kebiasaan makan dan penurunan berat badan. Selain itu Obat seperti blocker H2 atau inhibitor pompa proton dapat membantu. Jika dengan obat gejala tidak juga membaik maka operasi fundoplication laparoskopi dapat menjadi pilihan. Namun sebelum itu sebaiknya anda periksa dan konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

3. Pankreatitis Akut
Pankreatitis Akut merupakan penyakit inflamasi pangkreas yang menyebabkan sakit perut bagian sebelah kanan atas dan level enzim pankreas di dalam darah meningkat. Untuk mengetahui apakah Pankreatitis Akut tersebut ringan atau berat dapat dilakukan diagnosa dan tes laboratorium. Penyakit ini perlu diwaspadai sebab bila Pankreatitis Akut mulai dari ringan sampai berat disertai gangguan ginjal dan paru-paru bisa berakibat fatal.

Pankreatitis berat dapat membuat bahan-bahan vasoaktif, enzim-enzim pankreas dan bahan-bahan toksik lainnya keluar dari saluran pankreas kemudian masuk ke dalam ruang pararenal anterior, ruang pararenal posterior, lesser sac dan rongga peritoneum. Bahan ini akan mengakibatkan iritasi kimiawi yang luas. Bahan-bahan tersebut memasuki sirkulasi umum melalui saluran getah bening retroperitoneal dan jalur vena yang mengakibatkan gagal pernapasan, gagal ginjal dan kolaps kardio vaskuler.

4. Gastritis (Peradangan Dinding Lambung)
Sakit perut sebelah kanan atas juga bisa disebabkan oleh peradangan dinding lambung (Gastiris). Penderita Gastiris akan mengalami gejala mual, muntah, rasa nyeri pada bagian perut kanan atas sehingga membuat nafsu makan hilang. Peradangan pada dinding lambung ini diakibatkan rusaknya lapisan lendir yang melindungi dinding lambung sehingga terjadi iritasi. beberapa penyebab Gastritis yaitu sering mengkonsumsi makanan terlalu pedas, mengandung kadar asam tinggi seperti buah terlalu asam dan cuka) serta akibat efek samping mengkonsumsi obat pereda rasa sakit. Untuk mengobatinya sebaiknya langsung ke dokter agar bisa ditangani dengan baik. selain itu hindari makanan terlalu pedas, makanan yang memiliki kadar asam tinggi dan obat pereda rasa sakit.

5. kolangitis Akut (Radang saluran empedu)
Radang saluran empedu (kolangitis akut) terjadi karena pelebaran pada saluran empedu yang disebabkan oleh batu koledokus. gejala yang terjadi bervariasi dari yang ringan sampai bentuk berat seperti demam, menggigil, nyeri hebat pada perut sebelah kanan atas yang menjalar ke skapula kanan (belakang) dengan rasa nyeri yang bersifat kolik tapi kadang-kadang rasa nyeri tersebut bersifat konstan. Untuk mengatasi kolangitis akut dapat dilakukan dengan pemberian antibiotika yang adekuat disertai pengaliran bilier yang dilakukan per endoskopi. Namun bila sarana endoskopi tidak memadai maka dilakukan perkutan atau secara bedah.

Sakit Perut di Bagian Sebelah Kanan Bawah

Sementara kondisi sakit di bagian perut sebelah kanan bawah bisa disebabkan beberapa hal, antara lain:

1. Hernia Inguinalis
Penyakit hernia Inguinalis cenderung dialami pria, dimana munculnya benjolan pada bagian selangkangan akibat sebagian usus keluar dari rongga perut bawah arah sekitar kelamin pria. Hernia inguinalis adalah jenis hernia yang paling umum terjadi, meski tergolong tidak berbahaya tapi bila terjadi komplikasi bisa membahayakan nyawa seseorang. Salah satu faktor yang paling mempengaruhi hernia ini adalah usia karena otot-otot sekitar perut akan mulai melemah ketika umur seseorang semakin tua. Meskipun begitu ada juga beberapa anak-anak laki-laki yang mengalami hernia inguinalis. Benjolan akan terasa sakit ketika sedang berdiri apalagi disertai batuk. rasa sakit akan terasa di perut kanan bawah sekitar selangkangan. Untuk mengatasinya terutama benjolan yang sudah membesar dokter akan menyarankan operasi.

2. Batu ginjal
Material keras didalam ginjal yang bentuknya menyerupai batu yang disebabkan endapan sisa zat-zat dalam darah yang mengkristal mengakibatkan timbulnya batu Ginjal. Penderita batu ginjal belum akan merasakan gejala ketika batu tersebut ukurannya masih kecil, gejala akan terasa ketika diameter batu ginjal ukurannya lebih besar dari saluran ureter. Sebab batu ginjal bisa bergesekan dengan lapisan dinding ureter dan bisa tersangkut di dalam ureter sehingga menyebabkan iritasi. Gejala yang dialami penderita batu ginjal bisa berupa sakit pada perut bagian kanan bawah, selangkangan, nyeri pada bagian pinggang, demam, menggigil, dan muntah-muntah. Penderita batu ginjal di Asia cukup tinggi terutama Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan US Census Bureu tahun 2004 sebanyak 876.000 orang Indonesia menderita batu Ginjal dengan usia antara 30-60 tahun. Cara mengatasinya untuk ukuran kecil sangat sederhana, dokter biasanya akan menyarankan mengkonsumsi air putih secara rutin sesuai takaran yang disarankan, sedangkan untuk ukuran besar dan sudah menyumbat saluran ureter solusinya adalah operasi namun sangat jarang dilakukan.

3. Gastroenteritis akibat virus
Gastroenteritis atau yang disebut juga flu perut atau virus perut ini terjadi pada usus yang berada di perut bagian kanan. Infeksi terjadi akibat beberapa jenis virus yang menyebabkan kram pada perut kanan bawah, diare, mual, muntah dan terkadang demam. Kondisi ini perlu diwaspadai karena bisa berakibat fatal bahkan bisa mematikan bila tidak segera ditangani serius. Gastroenteritis akibat virus sangat mudah menyebar melalui makanan dan ruang tertutup sehingga jika ada yang menderita penyakit ini hindari kontak jarak dekat agar tidak terkontaminasi. Gejala yang mungkin terjadi bisa berupa kehilangan nafsu makan, mual dan muntah bahkan untuk kondisi infeksi parah akan muntah keluar darah, kram pada perut, penurunan berat badan, sakit otot dan sakit kepala.

4. Apendisitis (Radang Usus buntu)
Radang Usus Buntu atau Apendisitis sering dialami sebagian orang dengan rasa sakit yang terjadi di perut bawah sebelah kanan. Radang usus buntu terjadi akibat tersumbatnya usus buntu yang disebabkan oleh makanan atau kotoran keras sehingga menyebabkan infeksi dan pembengkakan. Apendisitis dapat menimpa semua usia namun yang umum terjadi mereka yang berusia 10 hingga 30 tahun. Gejala yang terjadi biasanya kehilangan nafsu makan, semam tinggi, mual, muntah, diare, mengalami sembelit, tidak dapat buat gas, rasa sakit pada perut terus bertambah, dan saat batuk perut terasa semakin sakit. Untuk menghindari gejala yang lebih serius sebaik segera periksa ke dokter agar dapat ditangani dengan cepat karena bila sudah parah biasanya dilakukan operasi untuk menyembuhkannya.

5. Divertikulitis
Penyakit Divertikulitis terjadi akibat peradangan divertikula yang berada di usus besar yang menyebabkan hubungan abnormal antara usus besar dan organ lainnya. Gejala awal bisa berupa nyeri pada bagian perut bawah, demam, mual, muntah dan diare. Untuk mengobatinya Divertikulitis penderita yang ringan dapat dilakukan dengan istirahat di rumah, antibiotik per-oral dan diet makanan cair. Sedangkan untuk kondisi parah umumnya dirawat di rumah sakit.

Sementara pada wanita sakit perut kanan bagian bawah bisa disebabkan beberapa hal, antara lain:

6. Endometriosis
Endometriosis dapat menyebabkan rasa sakit disekitar panggul dan perut bagian bawah. Selain itu Endometriosis juga bisa menyebabkan perut terasa kembung, sakit ketika buang air besar dan kecil, timbul rasa sakit pada saat berhubungan intim, terjadi pendarahan pada saat wanita tidak menstruasi dan ketika terjadi menstruasi volume darah berlebihan. Endometriosis sendiri terjadi karena beberapa hal seperti sel-sel endometrium yang berpindah ke bagian tubuh lain melalui darah, aliran menstruasi yang berbalik arah, sistem kekebalan tubuh terganggu dan Perkembangan sel yang tidak normal. Meskipun tidak tergolong mematikan Endometriosis sangat mengganggu para penderitanya, oleh sebab itu bila anda mengalami gejala-gejala seperti diatas segera periksakan diri ke Dokter untuk mencari solusinya.

7. Kehamilan ektopik
Sakit perut pada wanita di sebelah kanan bawah bisa disebabkan oleh kehamilan ektopik. Komplikasi terjadi karena sel telur yang sudah di buahi menempel pada organ lain (berada diluar rahim) seperti ovarium, leher rahim, rongga perut dan yang paling sering ditempeli adalah tuba falopi. Kondisi ini dapat dikenali dengan melihat gejala yang terjadi seperti nyeri pada bahu, sakit di bagian perut bawah kanan, pusing dan lemas, nyeri tulang panggul, pendarahan ringan dari vagina, mual dan muntah. Apabila saat hamil anda mengalami kelainan sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Sementara itu menurut Dokter Dito Anurogo sebagaimana di kutip dari laman health.detik.com, sakit perut bawah pada bagian kanan, kemungkinan ada indikasi berikut ini :

  • kolon : radang usus buntu (appendicitis), colitis, diverticulitis, IBD, IBS (sindrom radang usus).
  • ginjal : batu ginjal (nephrolithiasis), pyelonephritis.
  • ginekologis : kehamilan ektopik, fibroid, massa sel telur (ovarian mass), torsion (terpuntir), PID.
  • sekum (cecum) : usus masuk ke usus (intussusceptions), bowel obstruction.

Mengenali berbagai macam penyebab sakit perut pada bagian sebelah kanan baik atas maupun bawah sangat penting. Bila kita dapat mengenali apa yang menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut tersebut maka kita dapat mengatasinya dengan cepat dengan cara yang tepat pula. terima kasih, semoga bermanfaat.

Kenali Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Atas dan Bawah | dank rian | 4.5


Kirim Komentar Anda