13 Kunci Penting Menjalankan Diet Sehat

Kunci Penting Menjalankan Diet Sehat – Tidak seperti yang dibayangkan banyak orang, membangun kebiasaan diet sehat sebenarnya tidak sulit. Prinsip pertama dalam diet sehat yang harus diperhatikan adalah selalu mengkonsumsi berbagai macam variasi makanan. Hal ini penting karena dengan menkonsumsi berbagai macam makanan, kebutuhan tubuh pada bebagai macam nutrisi akan terpenuhi.

Kunci Penting Menjalankan Diet Sehat

Prinsip yang kedua adalah dengan mengurangi asupan kalori dan lemak. Hal itu dapat dilakukan dengan lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan bahan makanan yang banyak mengandung serat, vitamin dan mineral tetapi rendah lemak dan bebas kolesterol. Anda juga harus memilih produk-produk susu rendah lemak, daging sapi dan unggas tanpa lemak dan ikan.

Prinsip ketiga adalah dengan menyeimbangkan antara kalori yang dikonsumsi dengan kalori yang dikeluarkan. Jangan menyantap makanan melebihi kemampuan tubuh untuk mengolahnya menjadi energi. Jika Anda makan berlebihan, tubuh akan menyimpan sisa kalori yang tidak digunakan dalam bentuk lemak, dan itu berarti berat badan Anda akan bertambah. Jika Anda ingin makan lebih banyak, berarti Anda harus melakukan aktivitas fisik yang lebih banyak pula agar tercapai keseimbangan antara kalori yang dikonsumsi dengan kalori yang dibakar.

Bukan berarti Anda harus meninggalkan makanan kegemaran Anda bila Anda menerapkan tiga prinsip dasar diet sehat tersebut. Anda masih dapat menyantap makanan favorit Anda seperti cheeseburger sesekali, asalkan Anda menerapkan diet yang seimbang, banyak serat dan bergizi. Tetapi ingat, Anda harus membatasi jenis makanan yang banyak mengandung lemak dan mengkonsumsinya dalam porsi kecil.

Diet yang sehat juga dapat Anda jadikan pengalaman baru dalam menjelajah berbagai macam makanan yang tidak pernah atau jarang Anda makan, terutama sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Diet sehat tidak berarti Anda harus menyantap makanan yang rasanya hambar dan tidak menarik. Baca juga: Menu Makanan Diet Sehat

Di bawah ini ada beberapa petunjuk dasar yang perlu Anda ketahui untuk menerapkan dan menjalani diet sehat. berikut 13 Kunci Penting Menjalankan diet sehat agar sukses menurunkan berat badan yang berlebih:

1. Mengkonsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Serat

Konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Makanan jenis ini selain memiliki kandungan karbohidrat yang baik, juga dapat mengenyangkan perut dan rendah kalori. Anda harus mengkonsumsi sekitar 20 sampai 30 gram serat setiap hari karena hal itu dapat memperlambat penyerapan karbohidrat sehingga efek buruk terhadap gula darah dan insulin akan berkurang. Hal ini tentu saja akan membawa efek yang baik bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Bahan makanan jenis ini juga banyak mengandung vitamin, mineral dan phytochemical (bahan kimia yang terkandung dalam tanaman yang baik bagi kesehatan)

2. Mengkonsumsi Buah dan Sayur Minimal 5 Porsi per hari

Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayuran hijau, oranye, dan kuning seperti brokoli, wortel, belewah dan jeruk. Antioksidan dan nutrisi yang ada di dalam bahan makanan tersebut dapat membantu memproteksi tubuh kita dari serangan kanker dan penyakit lainnya. Konsumsilah buah dan sayuran ini sedikitnya lima porsi perhari.

3. Batasi Mengkonsumsi Makanan Manis

Anda harus membatasi konsumsi makanan manis, makanan olahan dan makanan yang banyak mengandung garam. Gula adalah bahan tambahan yang paling banyak digunakan di dalam makanan kita sehari-hari, padahal hal itu tidak sehat. Jika Anda terbiasa minum satu kaleng minuman bersoda (mengandung 160 kalori) setiap hari, berarti dalam satu tahun Anda akan mengkonsumsi sekitar 7,3 kg gula. Banyak makanan manis yang juga sarat dengan lemak, dan itu berarti memiliki kandungan kalori yang tinggi.

4. Kurangi Konsumsi Lema Hewani

Kurangi asupan lemak yang berasal dari hewan, karena banyak mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah dan berdampak buruk pada kesehatan. Sebaiknya Anda memilih daging tanpa lemak, daging unggas tanpa kulit dan produk-produk susu yang bebas lemak atau rendah lemak.

5. Hindari penggunaan lemak trans

Hindari penggunaan lemak trans yang banyak terdapat pada minyak sayur terhidrogenasi yang banyak digunakan oleh makanan-makanan olahan yang dijual di supermarket dan juga dalam fast food.

6. Perbanyak Konsumsi Ikan dan Kacang-kacangan

Konsumsilah lebih banyak ikan dan kacang-kacangan yang merupakan sumber lemak tak jenuh yang sehat. Pilihlah minyak kanola atau minyak zaitun sebagai pengganti mentega dan margarin.

7. Hindari Makan yang Berlebihan

Jangan makan berlebihan, terutama makanan yang banyak mengandung kalori. Pada saat sekarang, ukuran porsi makanan terus bertambah besar, terutama di restoran. Jika memungkinkan, berbagilah makanan dengan teman ketika Anda makan di restoran agar Anda terhindar dari makan berlebihan.

8. Mengkonsumsi daging dengan Kolesterol Rendah

Konsumsilah kolesterol dibawah 300 mg per hari. Kolesterol hanya terdapat pada produk hewani seperti daging sapi, unggas, susu dan kuning telur

9. Makanlah berbagai macam variasi makanan

Hindari makan makanan yang sama setiap hari untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh Anda. Mungkin saja ada beberapa unsur nutrisi yang tidak terpenuhi jika Anda makan makanan yang sama. Dengan mengkonsumsi makanan yang berbeda-beda, unsur nutrisi yang diperlukan oleh tubuh akan terpenuhi. Selain itu, Anda akan selalu menyantap pestisida atau zat beracun yang mungkin ada di dalam satu bahan makanan tertentu bila Anda menyantap makanan yang sama setiap harinya.

10. Memenuhi Kebutuhan Kalsium Tubuh

Penuhi kebutuhan kalsium tubuh Anda dengan cukup, karena kalsium sangat dibutuhkan oleh tulang dan gigi. Kalsium dapat diperoleh dari bahan makanan rendah lemak seperti susu skim atau yogurt rendah lemak. Jika Anda tidak cukup mendapatkan kalsium dari makanan, Anda bisa meminum suplemen kalsium.

11. Dapatkan vitamin dan mineral dari makanan

karena sumber vitamin dan mineral terbaik adalah dari makanan, bukan suplemen. Diet sehat harus mengandalkan makanan alami untuk memperoleh vitamin dan mineral, karena makanan dapat menyediakan nutrisi-nutrisi lain disamping vitamin dan mineral. Makanan juga dapat memberikan semacam sinergi atau kerja sama diantara beberapa nutrisi agar dapat berfungsi secara efisien di dalam tubuh.

12. Pasang Target

Tetapkan berapa berat badan yang Anda inginkan dan pertahankan berat badan tersebut agar jangan sampai naik. Kalori yang Anda konsumsi harus seimbang atau sama dengan kalori yang dibakar. Oleh karena itu Anda harus berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya agar berat badan Anda tidak naik.

13. Hindari Minuman Beralkohol

Jangan minum minuman beralkohol secara berlebihan. Minumlah satu takaran per hari bagi wanita dan dua takaran untuk pria. Satu takaran adalah sama dengan 354 ml untuk bir, 118 ml untuk anggur, atau 44 ml untuk minuman yang mengandung alkohol lebih tinggi (lebih dari 40%) seperti rum, wiski atau Vodka. Mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan juga dapat menambah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda tanpa ada kandungan nutrisi sama sekali.

Nah, itulah 13 kunci penting dalam menjalankan diet sehat yang perlu anda perhatikan agar program diet yang anda jalankan bisa sukses dan berhasil menurunkan berat badan sesuai dengan yang anda inginkan. Demikianlah semoga bermanfaat.

13 Kunci Penting Menjalankan Diet Sehat | dank rian | 4.5


Kirim Komentar Anda