Pengertian Diet OCD dan Langkah-Langkah Menjalankannya

Metode diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet), sesuai namanya pertama kali diperkenalkan tak lain adalah oleh Deddy Corbuzier. Metode ini dia pertama kali beliau terapkan terhadap dirinya sendiri, hasil dari berbagai eksperimen yang telah beliau lakukan selama bertahun-tahun. Dan begitu metode ini benar-benar efektif dan juga terbukti secara klinis tidak membahayakan dan sangat mungkin untuk dilakukan oleh siapa saja, maka akhirnya Deddy pun memutuskan untuk menyebarluaskan metode ini kepada public, dan dijelaskannya pengertian diet OCD dan langkah-langkah menjalankannya secara gratis.

pengertian diet ocd dan langkah-langkah menjalankannya

Dan semenjak pertama kali digaungkan beberapa tahun terakhir, diet OCD telah meraih perhatian banyak orang. Mereka yang tertarik dan berpartisipasi mencoba diet ini tidak hanya kalangan masyarakat biasa namun juga banyak dari kalangan selebritis dan orang-orang terkenal di negeri ini. Bahkan gaung diet ini juga berlanjut hingga ke luar negeri dimana banyak website-website luar membahas OCD, yang mana dari segi penerapannya saja sudah unik dan mendobrak pakem-pakem konvensional tentang diet.

Ya, berbeda dengan kebanyakan metode diet yang mengharuskan anda mengurangi porsi makan, metode OCD ini membebaskan anda makan apa saja dan sebanyak apapun. Yang dibatasi disini adalah waktu makannya.

Apa yang dimaksud Diet OCD ?

Sebelum memulai, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu pengertian diet OCD dan langkah-langkah menjalankannya. Ini penting sebab tanpa memahami hal tersebut, maka ada kemungkinan anda akan melakukan kesalahan dalam menerapkannya.

Pengertian diet OCD sebagaimana dikatakan dalam ebook OCD Deddy Corbuzier adalah metode diet yang dilakukan dengan puasa karbohidrat. Artinya selama puasa kita masih boleh minum dan makan makanan 0 kalori. Program puasa diet OCD inipun dilakukan dalam 4 fase.

Bagaimana Langkah-langkah Menjalankan diet OCD

Adapun cara dan langkah-langkah metode diet OCD dibagi menjadi 4 sesi atau 4 fase. Setiap fase hendaknya dilakukan berurutan. Fase pertama terlebih dahulu, setelah merasa nyaman dan mampu maka melangkah ke fase kedua. Begitu seterusnya. Dan berikut adalah bagian/fase tersebut:

FASE 1: Waktu Makan 8 Jam, Puasa 16 Jam
Pada fase awal ini, anda memiliki waktu bebas makan selama 8 jam dalam sehari, dan sisanya (16 jam) adalah puasa. Namun jangan kaget dahulu sebab selama waktu puasa anda hanya dilarang makan namun masih diperbolehkan minum. Pastikan dalam jangka waktu tersebut anda tidak minum minuman yang mengandung kalori seperti softdrink atau lainnya. Dan anda diperbolehkan beranjak ke fase kedua apabila anda merasa nyaman dan terbiasa dengan fase 1. Untuk normalnya, anda bisa melakukan fase 1 ini selama seminggu penuh tanpa batal.

FASE 2: Waktu Makan 6 Jam, Puasa 18 Jam
Di fase ke 2, jam bebas makan anda dipersempit menjadi 6 jam, dengan 18 jam waktu untuk puasa. Lakukan selama 1 minggu) Masih seperti di fase ke 2, anda diperbolehkan untuk minum selama masa puasa, dan boleh mengkonsumsi makanan apapun yang anda suka selama jam bebas makan. Namun yang wajib diingat, apabila anda -dengan sengaja maupun tidak- melanggar fase ini, maka anda harus mengulangi fase ini hingga benar-benar berlangsung 1 minggu tanpa jeda. Dengan begitu tubuh anda benar-benar terbiasa dengan pengaturan waktu yang baru ini.

FASE 3: Waktu Makan 4 Jam, Puasa 20 Jam
Fase 3 jauh lebih berat daripada fase-fase sebelumnya. Dengan hanya 4 jam waktu makan, ini berarti anda diharuskan untuk berpuasa selama 20 jam sisanya. Kemauan dan komitmen anda untuk melakukan diet OCD benar-benar diuji disini. Anda bebas melakukan fase ke 3 ini selama yang dibutuhkan sampai tubuh anda benar-benar terbiasa dan mampu melanjutkan ke fase selanjutnya.

FASE 4: Puasa 24 Jam
Di fase final atau terakhir ini, anda diminta untuk puasa 24 jam. Sebagai contoh, apabila anda makan pada jam 10 pagi maka anda diperbolehkan untuk makan lagi pada jam 10 pagi di hari berikutnya. Tenang, puasa 24 jam ini tidak harus dilakukan setiap hari. Untuk hasil terbaik anda bisa melakukan setidaknya 2 kali dalam 1 minggu.

Demikian pembahasan pengertian diet ocd dan langkah-langkah menjalankannya. Sebelum anda melakukan diet ini, hendaknya memastikan tubuh anda benar-benar fit agar tidak terkendala di tengah fase diet. Info ini kami rangkum dari berbagai sumber website ternama Indonesia yang ada di Internet.

Pengertian Diet OCD dan Langkah-Langkah Menjalankannya | dank rian | 4.5


Kirim Komentar Anda