Pengertian dan Sejarah Yoga Serta Manfaat Senam Yoga

Yoga memang sangat populer di Dunia bahkan Indonesia sekarang ini, sebagai salah satu olahraga yang menyehatkan tubuh. Selain untuk mengurangi stress dan meregangkan otot, manfaat yoga juga bisa mengecilkan perut dan membuat tubuh langsing ideal. Minat masyarakat yang tinggi akan senam Yoga membuat sebagian orang yang mengerti dan memiliki keterampilan Yoga membuka kelas latihan yoga guna membantu masyarakat mendapatkan tubuh yang sehat dan juga proporsional. Pada kesempatan ini akan dibahas pengertian dan sejarah Yoga serta manfaat senam yoga bagi kesehatan.

Pengertian dan Sejarah Yoga Serta Manfaat Senam Yoga

Pengertian Yoga

Lalu apa pengertian Yoga tersebut? Yes, Kata “yoga” berasal dari bahasa Sansekerta, Makna dari kata Yoga sendiri yaitu memusatkan seluruh pikiran agar bisa mengendalikan panca indera. Ini berarti seseorang yang melakukan yoga harus mampu berkonsentrasi penuh, mengatur dan mengontrol guna menciptakan keselarasan dan keseimbangan antara Jiwa, pikiran dan tubuh. Dari situ pengertian yoga memiliki makna satu yang bila dijabarkan maka artinya menyatukan seluruh pikiran, tubuh dan jiwa dalam kesatuan dan satu sisi. serta bersatunya sang hamba dengan maha pencipta. Senam yoga atau olahraga Yoga ini bisa dipahami melalui teknik meditasi sebagai media dan asana atau gerakan untuk membantu mengenali diri sendiri sehingga lebih dekat dan mengenal sang pencipta.

Sejarah Yoga atau Asal-Usul Yoga

Yoga dipercaya berasal dari India yang munculnya sekitar 3.000 SM, meskipun banyak sejarahwan dan praktisi yang meyakini munculnya jauh sebelum itu. Orang yang diyakini pertama kali mengumpulkan dan membukukan Filosofi Yoga adalah Patanjali. Sistem Yoga yang dikumpulkannya dikenal dengan nama Raja Yoga yaitu sistem mengendalikan pikiran. Buku Yoga Sutran Patanjali menjadi Dasar Ashtanga Yoga dan Delapan bagian tubuh yoga seperti Yama, Asana, Niyama, Dharana, Pranayama, Dhyana, Pratyahara dan Samadhi.

Cerita mengenai Yoga banyak terdapat dalam tulisan kuno Bhagavad Gita yang berisi 700 ayat berbahasa sansekerta termasuk didalamnya kisah mahabharata. Dalam tulisan tersebut terdapat praktek Yoga dan juga meditasinya, bahkan diperkenalkan juga 3 jenis Yoga yakni Karma Yoga, Bhakti Yoga dan Jnana Yoga. Tidak hanya itu dalam tulisan tersebut juga diceritakan percakapan antara Krisna dan Arjuna sebelum perang kurushetra termasuk juga mengenai Yoga.

Dalam proses perkembangannya Yoga menjadi berbagai aliran dengan teknik dan olah tubuh serta meditasi diberbagai negara. di Barat Latihan Yoga mulai dikenal sejak 30 tahun terakhir. Manfaat yang didapatkan banyak orang dari Yoga menjadikannya tidak hanya sebagai latihan untuk kesehatan fisik saja tetapi juga menjadi bagian dari gaya hidup.

Yoga di Indonesia mulai dikenal sejak tahun 1990 an, perkembangannya di Indonesia, Jakarta Khususnya terjadi pertengahan tahun 90an ketika terjadi krisis ekonomi dimana banyak masyarakat yang di landa stres. Ketika pengobatan medis tidak cukup ampuh mereka mulai berpaling ke Yoga sebagai penyembuhan alami. Selain itu Yoga juga dibawa oleh anak-anak Indonesia yang belajar di Luar negeri seperti Amerika yang sudah merasakan manfaat yoga dan mengenalkan ke masyarakat tanah air.

Perkembangan tempat pelatihan Yoga atau Yoga center di Indonesia khusus Jakarta dalam beberapa tahun terakhir meningkat pesat. Animo masyarakat Jakarta yang berpenduduk sembilan juta Jiwa meningkat grafiknya. Ditambah lagi publikasi Yoga dan pemberitaannya yang tiada henti melalui media cetak maupun eletronik membuat yoga semakin Populer.

Bali Spirit Festival yang diadakan tahun 2008 menjadi pionir penyelenggaraan festival Yoga berskala Internasional di Indonesia dan namaste Festival yang diadakan tahun 2010 di jakarta. Meskipun kemasannya berbeda akan tetapi tujuannya sama yakni memperkenalkan dan mempopulerkan Yoga sebagai gaya jidup masyarakat Indonesia.

Beberapa Gaya dan Aliran Yoga

Ada beberapa gaya dan aliran Yoga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing. Anda mencoba jenis yoga sesuai dengan kemampuan tubuh dan kebutuhan. berikut beberapa aliran Yoga.

  1. Bikram Yoga
    Bikran Yoga diperkenal oleh Bikram Choudory yang aspeknya latihan yoga bikran di lakukan dirungan tertutup bersuhu tinggi antara 32-42 derajat celcius dengan tingkat kelembaban tertentu. Inti latihan Bikram Yoga adalah dilakukan di ruangan bersuhu tinggi dengan durasi 90 menit, 45 menit pose-pose berdiri dan 45 menit setelahnya pose-pose dilantai. Terdiri dari 26 latihan gerakan dengan dua latihan pernapasan dan pose-pose relaksasi.
  2. Prenatal Yoga
    Prenatas Yoga khusus untuk Ibu hamil dengan beberapa kategori yang disesuaikan dengan usia kehamilan sang ibu. Latihan intinya yaitu Deep breath and movement sebuah proses bernapas yang dilakukan melalui kesadaran penu, tujuannya membantu ibu hamil saat proses melahirkan.
  3. Vinyasa
    Vinyasa atau yang lebih dikenal Flow Yoga adalah senam Yoga dengan gerakan-gerakan ritmis dan dinamis yang mana gerakannya mirip orang sedang berdansa. Latihan intinya yaitu Keep moving and flow dengan komponen utama Yoga Vinyasa yaitu pernapasan yang dilakukan secara perlahan selaras dengan proses bernapas.
  4. Hatha Yoga
    Hatha Yoga menekankan pada 4 teknik yaitu postur (asana), Olah napas (Pranayama), Kuncian (Bandha), serta Gestur (Mudra). Jenis yoga ini latihannya ringan dengan melibatkan setiap sendi tubuh dalam gerakannya yang bertujuan memperkuat, melonggarkan dan menyeimbangkan anggota tubuh. Yoga ini cocok untuk pemula.
  5. Ashtanga Yoga
    Ashtanga Yoga dikembangkan oleh Sri K. Pattabhi Jois yang terinspirasi dari Vinyasa Yoga dengan gerakannya yang bersifat aerobik. Ashtanga Yoga menekankan latihan fisik dan singkronisasi pada napas dengan gerakan yang progresif tanpa jeda dan serangkai pose yoga.
  6. Iyengar Yoga
    Iyengar Yoga dikembangkan oleh BKS yang mengutamakan kekuatan dan daya tahan. Dalam latihan menggunakan alat bantu berupa tali, bantal dan blok. latihan yoga ini menitik beratkan pose-pose tubuh. gerkan secara perlahan dengan fokus pada posisi tubuh, tumit dan jari.
  7. Kundauni Yoga
    Kundauni Yoga atau yoga of awareness dalam bahasa indonesia yoga untuk kesadaran yakni senam yang menekankan pada aliran dan pernapasan yaitu bernapas cepat dan ritmis. Kundauni Yoga mencakup latihan pernapasan, meditasi dan bernyanyi.
  8. Power Yoga
    Power Yoga digagas oleh Beryl Bender Birch dan Kanye West dari American Yoga Teachers yang merupakan pengembangan ashtanga yoga. Jenis yoga ini menekankan kekuatan dan fleksibilitas dan sering disebut Gym Yoga karena menggabungkan latihan kekuatan, peregangan dan meditasi.
  9. Ishta Yoga
    Jenis yoga ini merupakan kombinasi dari yoga klasik dan kontemporer yaitu hatha, tantra, dan ayurveda (ISHTA, kependekan dari Integrated Science of Hatha, Tantra, and Ayurveda). Latihan ini intinya tiap kelas memiliki tema seperti memperkuat fisik, menyeimbangkan cakra dan menenangkan perasaan dan pikiran.

Baca juga : Gerakan Senam Yoga Untuk Mengecilkan Perut

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan

Latihan senam yoga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. diantaranya sebagai berikut:

  1. Membuat Lebih Peka dan Konsentrasi
    Latihan Yoga seperti meditasi akan membuat berkonsentrasi lebih mudah dan membuat anda lebih peka.
  2. Membantu Ibu hamil
    Yoga juga bagus untuk ibu hamil seperti Prenatal Yoga yang diperuntukan bagi ibu hamil yang bisa membantu lebih rilek dalam menghadapi persalinan.
  3. Peningkatan Spiritual
    Latihan yoga secara rutin sangat baik untuk menyeimbangkan pikiran dan tubuh serta memandu mencapai peningkatan spritual.
  4. Mengatasi depresi
    Yoga merupakan olahraga yang menggunakan teknik pernapasan, sehingga tidak hanya membuat sehat tetapi juga pikiran. Memang tidak mudah menguasai teknik pernapasan ala Yoga, namun dengan teknik pernapasan biasa sudah bisa mengatasi depresi, stress dan cemas. Berdasarkan penelitian Journal of Alternative and Complimentary Medicine, ditemukan bahwa melakukan Yoga 30 menit sehari dapat meningkatkan fokus kerja, menurunkan stres dan meningkatkan mood. Peneliti percaya Pernapasan ala Yoga bermanfaat untuk kesehatan mental karena bisa menenangkan sistem saraf dan menurunkan detak jantung.
  5. Menurunkan berat badan
    Sekarang ini Olahraga senam Yoga menjadi salah satu olahraga yang banyak dipilih untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit. peneliti di fred Hutchison Cancer research Center, Seattle, melakukan survei terhadap 15.000 orang dewasa dan ditemukan hasilnya orang yang melakukan Yoga secara teratur berat badannya bisa turun hingga 18 pon dalam waktu empat tahun. sedang yang tidak Yoga membutuhkan waktu 10 tahun lebih. Sedangkan penelitian lain yang dilakukan jurnal Preventive Medicine Research Institute di California ditemukan bahwa orang yang berdiet dan melakukan yoga mengalami penurunan berat badan yang lebih cepat dibandingkan orang yang berdiet namun tidak melakukan yoga.
  6. Menyembuhkan sindrom carpal tunnel
    Yoga bisa mengatasi sindrom carpal tunnel (CTS), berdasarkan penelitian Journal of the American Medican Association (JAMA), Yoga bisa menurunkan rasa sakit CTS jika dilakukan selama delapan minggu. CTS merupakan penyakit pada pergelangan tangan akibat adanya saraf yang tertekan.
  7. Menopause
    Senam yoga bila dilakukan selama dua bulan bisa menurunkan gejala Menopause hingga 30%, hal ini ditemukan berdasarkan penelitian University of california. Sementara penelitian yang dilakukan University of Illinois menunjukkan bahwa wanita yang melakukan senam yoga dua kali seminggu selama 90 menit mengalami peningkatan kesehatan dan mood setelah dalam masa menopause.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian dan sejarah Yoga serta Manfaat senam Yoga. Bagi anda yang ingin meningkatkan kesehatan tubuh serta menyatukan pikiran dan fisik bisa mencoba olahraga Yoga ini. Apabila ada yang kurang kami mohon maaf dan bila ada yang ingin menambahkan silahkan isi form komentar dibawah. terima kasih semoga bermanfaat.

Pengertian dan Sejarah Yoga Serta Manfaat Senam Yoga | dank rian | 4.5


  1. One Response to “Pengertian dan Sejarah Yoga Serta Manfaat Senam Yoga”

  2. By roman on Sep 20, 2016 | Reply

    baik

Kirim Komentar Anda