Pengertian Aerobik, Sejarah dan Manfaat serta Tahapan Senam Aerobik

Senam Aerobik merupakan senam kesehatan Jasmani yang dipadukan dengan irama musik yang sangat populer sekarang ini di Indonesia. Olahraga senam dengan berbagai macam gerakan ini disukai oleh semua kalangan usia baik tua maupun muda karena selain menyehatkan juga efektif membakar lemak di perut. sangat cocok untuk anda yang ingin menurunkan berat badan dan menjaga bentuk tubuh agar tetap langsing ideal.

Gambar gerakan senam senam aerobik

Gambar senam aerobik

Senam Aerobik sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh dan bisa dilakukan dimana saja, baik itu di rumah, di tempat pusat kebugaran maupun di lapangan. Antusias masyarakat akan senam kebugaran yang diiringi dengan irama musik ini memang sangat tinggi, setiap hari minggu dibeberapa tempat sering diadakan senam aerobik bersama dilapangan terbuka yang diikuti banyak masyarakat baik anak-anak, tua maupun muda. Sama aerobik cukup digemari oleh kaum wanita terutama ibu-ibu yang ingin mengecilkan perut buncit dan menjaga berat badannya agar tetap ideal. Banyak diantara mereka yang rutin mengikuti senam ini di pusat kebugaran yang dipandu oleh seorang instruktur senam. Namun tidak sedikit pula yang yang melakukannya di rumah dengan menonton video senam aerobik sebagai panduan.

Lalu apa pengertian senam aerobik? bagaimana sejarah senam aerobik? apa saja manfaat senam aerobik? dan bagaimana gerakan dasar senam aerobik? Yes, itulah yang menjadi pokok bahasan kita kali ini. untuk itu mari simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Baca Juga: Manfaat Senam Yoga Bagi Kesehatan

Pengertian Senam Aerobik

Berikut beberapa pengertian senam aerobik menurut para ahli yang kami rangkum untuk anda :

1. Menurut Wikipedia.
Adapun pengertian senam aerobik menurut Wikipedia yaitu olahraga kompetitif yang menggabungkan senam ritmik, unsur-unsur akrobat olahraga yang dipadukan dengan koreografi, musik dan tari. Senam aerobik selain berasal dari aerobik tradisional yang kompleks, elemen gerakan yang sulit diiringi musik dan intensitas pola gerakannya tinggi.

2. Dr. Kenneth Cooper
Senam aerobik menurut Dr. Kenneth Cooper adalah kegiatan gerak badan yang memaksa tubuh memperbaiki sistemnya dan menuntut lebih banyak oksigen guna memperpanjang waktu. Senam aerobik dapat meningkatkan denyut jantung dan memompa oksigen karena gerakannya yang teratur dan dengan konsep ritme musik.

3. Jackie Sorensens
Senam aerobik menurut Jackie Sorensens dari Amerika Serikat yaitu senam kebugaran atau kesehatan jasmani yang sangat lengkap karena meliputi latihan dan juga kegembiraan yang mengekspresikan semua perasaan dengan cara tertawa, bergoyang, menendang, melompat, meregang, joging dan dikombinasikan dengan tarian rakyat, tarian tradisional dan tarian kontemporer.

4. Marta Dinata (2007)
Pengertian senam aerobik menurut Marta Dinata yaitu serangkaian gerak yang secara sengaja dipilih dengan mengikuti irama musik yang dipilih untuk melahirkan ketentuan ritme, kuntinuitas serta durasi tertentu. Senam aerobik merupakan suatu susunan gabungan rangkaian gerak dan irama musik sengaja dibuat guna menimbulkan keselarasan antara geak dengan musik untuk mencapai tujuan tertentu.

5.Federation Internationale Gymnastique (PIG)
Pengertian menurut PIG yaitu kemampuan dalam melakukan gerkan secara kompleks dan kontinyu yang mengikuti pola gerakan dengan intensitas tinggi. Gerkannya terus-menerus, menujukan kekuatan, fleksibilitas, memanfaatkan tujuh langkah dasar dan memecahkan kesulitan unsur gerak secara sempurna.

Berdasarkan beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan senam aerobik adalah serangkaian gerakan yang dipadukan dengan irama musik yang dipilih serta dengan durasi tertentu dengan tujuan meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen di dalam jaringan tubuh, menguatkan otot dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sejarah Senam Aerobik

Sejarah senam aerobik dimulai dari Amerika serikat yang diperkenalkan sekitar tahun 1970-an. Dan Aerobik masuk ke Indonesia sepuluh tahun kemudian sekitar 1980-an dan mampu menarik minat masyarakat. Pada awalnya senam aerobik dikenal sebagai kegiatan kebugaran dan rekreasi. Seiring waktu berjalan olahraga senam ini mulai menunjukan keberadaannya melalui pertandingan Individu baik putra dan putri yang diselenggaran secara nasional maupun internasional. Ketika itu namanya masih fitaerobics kemudian berubah menjadi Aerobik pada tahun 1990-an karena perkembangan jumlah organisasinya yang semakin pesat.

Senam aerobik semakin berkembang kategorinya yang bertambah mulai dari trio dan berpasangan, selain itu teknik dan tingkat kemajuan fisik para atlet membuat peraturan perlombaan senam aerobik terus dibenahi. kemudian di bentuk Ainternational Aerobics Federation (IAF) sebuah federasi yang menaungi olehraga aerobik yang berbasis di Tokyo Jepang.

Kabar gembira pun datang di tahun yang sama untuk senam aerobik, sebab Federation Internasional Gymnastique untuk pertama kalinya mengakui olahraga aerobik pada penyelenggaraan kejuaraan olahraga aerobik pertama yang diadakan di Paris Perancis pada tahun 1995. Jenis olahraga yang dibawahi FIG sebelumnya hanya senam ritmik sportif dan senam artistik.

Dengan pengakuan resmi yang diperoleh dari federasi olahraga gymnastic maka PERSANI pun melakukan pembinaan secara otomatis terhadap olahraga senam aerobik Indonesia. Namun sebagai Konsekuensi semua kegiatan kompetisi atau pertandingan yang diadakan di Indonesia tentu harus mengikuti acuan peraturan dari FIG pusat yang disebut Code of Points.

Setiap 4 tahun sekali diadakan evaluasi oleh komisi teknik olahraga aerobik FIG. Dan Jika ada hal-hal yang mendukung serta memungkinkan terjadi akan dilakukan revisi.

Saat olahraga aerobik disetujui dan pertama kali diikutkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XV di Surabaya tahun 2000 sebagai salah satu nomor lomba, Sports Aerobics Indonesia menjadi semakin cerah. Para atlet Indonesia pun bisa berprestasi dan memiliki peluang menjadi juara dunia karena dalam olahraga senam aerobik tidak dipengaruhi oleh tinggi badan. sports aerobics pada tahun 2015 kemudian diganti nama aerobic gymnastics dan peraturannya pun berubah dengan nomor yang dipertandingkan terdiri dari single, couple, trio dan groups.

Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan

Banyak sekali manfaat senam aerobik diantaranya meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Tidak heran bila senam aerobik digemari oleh semua kalangan usia, apalagi jenis senam aerobik juga bermacam-macam mulai dari keras sampai yang ringan. Adapun manfaat melakukan olahraga senam aerobik sebagai berikut:

a. Meningkatkan kesehatan dan Daya Tahan Jantung
Rutin dan teratur melakukan olahraga senam aerobik bisa menjaga kesehatan jantung serta menguatkan daya tahan jantung sebab aerobik dapat menstabilkan irama denyut jantung dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. itulah mengapa banyak orang melakukan senam aerobik agar jantung tetap sehat.

b. Menguatkan Otot-otot
Otot memiliki prinsip beban lebih sehingga harus dilatih memelebihi beban normal. Untuk melatihnya harus dilakukan dengan intensitas tinggi, dengan tenaga yang maksimal, secara terus-menerus dan berulang-ulang. Selain itu beban dan intensitas latihan juga harus bervariasi dan beragam mulai dari rendah sampai tinggi. itulah mengapa senam aerobik bisa menjadi pilihan untuk menguatkan otot-otot tubuh karena intensitas dan variasi gerakannya tinggi dan rendah.

c. Meningkatkan Kelenturan Tubuh
Melakukan senam aerobik dapat meregangkan otot-otot, meningkatkan kelenturan otot tubuh serta membantu sirkulasi darah ke jantung. Otot memiliki sifat seperti pita karet. semakin kuat kita mengangkatnya maka akan semakin elastis. Begitupun dengan otot semakin rajin kita melakukan latihan akan membuat otot persendian semakin berkembang. selain itu dengan meningkatnya kekuatan otot, otomatis kekuatan juga akan meningkat.

d. Menurunkan Berat Badan
Melakukan Senam aerobik secara teratur cukup efektif untuk menghindari tubuh menjadi gemuk dan menurunkan berat badan secara bertahap. Karena gerakan senam aerobik yang energik dapat membakar kalori dan lemak dalam tubuh namun Tentu saja perlu diimbangi dengan pola makan yang baik agar berat badan tetap ideal.

Baca juga : Olahraga Untuk Mengecilkan perut dan paha

e. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Olaharaga memang baik bagi kesehatan dan hampir semua olahraga bisa meningkatkan kekebalan tubuh termasuk aerobik. Dengan melakukan senam aerobik kekebalan tubuh akan semakin meningkat sehingga mencegah resiko terkena berbagai macam penyakit.

f. Mengendalikan Gula Darah
Kolesterol baik dapat mengendalikan gula darah dan menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Olahraga senam aerobik bisa meningkatkan kolsterol baik jika dilakukan secara rutin.

g. Meningkatkan Energi
Senam aerobik bisa meningkatkan energi karena mampu meningkatkan suplai oksigen ke dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Georgia, latihan senam aerobik yang dilakukan selama 20 menit akan meningkatkan energi sebanyak 20%.

3 Tahapan Olahraga Senam Aerobik

Ada 3 tahapan senam aerobik yang harus anda ketahui sebelum melakukan aerobik yakni pemanasan, gerakan inti dan pendinginan. berikut penjelasannya :

Pemanasan
Setiap olahraga sebelum kegiatan inti dilakukan pasti melakukan pemanasan tujuannya menaikan denyut jantung, meningkatkan suhu tubuh dan mempersiapkan otot-otot serta persendian untuk menghindari cedera. Anda bisa melakukan pemanasan selama 5-10 menit sebelum melakukan gerakan inti aerobik seperti jalan ditempat, melangkah kekiri dan kekanan serta menggerakan lengan dari tingkat pinggang keatas.

Latihan Gerakan Inti
Setelah pemanasan dilakukan barulah masuk ke latihan gerakan inti dengan intensitas yang lebih tinggi dengan durasi waktu kurang lebih 25-55 menit. Berikut beberapa jenis gerakan inti senam aerobik :

  • Marching. Gerakan jalan di tempat dengan mengangkat kaki kira-kira setinggi betis, lutut di tekuk 90 derajat.
  • Jogging. Menggerakkan atau menekukkan kaki ke arah belakang, dengan lutut mengarah ke lantai atau tegak lurus ke bawah menggunakan persendian engkel dan lutut.
  • Kicking. Gerakan mengayunkan tungkai ke depan atau ke samping dalam keadaan lurus setinggi pingggang atau lebih.
  • Single Step. Gerakan kaki melangkah satu langkah ke kanan atau ke kiri, dengan gerakan terakhir menyentuhkan bola, lutut tumpu agak ditekuk, kedua lutut merapat dan menghadap ke depan.
  • Bouble Step. Gerakan dengan melangkah dua langkah ke kanan atau ke kiri dengan gerakan terakhir merapatkan kaki dengan menyentuhkan bola kaki, posisi lutut menghadap ke depan, lutu kaki tumpu agak ditekuk.
  • Gripevire. Gerakan dengan melangkah dua langkah ke kanan dan ke kiri seperti double step tetapi dengan menyilangkan kaki ke belakang.
  • Leg Curl. Gerakan menekuk kaki ke arah belakang.
  • Heel Touch. Gerakan menyentuhkan tumit kaki ke kanan, ke kiri atau ke depan dengan sedikit menekuk lutut tumpu, berat badan berada pada kaki tumpu.

Pendinginan
Tahap ketiga atau terakhir Setelah latihan inti yaitu pendinginan, tujuannya untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung mendekati normal secara bertahap dan juga mengembalikan otot pada kondisi normal. durasi waktu pendinginan sama seperti pemanasan sekitar 5-10 menit.

Senam aerobik merupakan senam yang memadukan gerakan dan irama musik sehingga agar senam aerobik lebih penuh energi, mempunyai warna dan menyenangkan pilihlah musik yang sesuai. biasanya musik yang dipilih mempunyai empat ketukan per irama dengan irama yang tetap. Adapun jenis senam aerobik berdasarkan musik yang mengiringinya sebagai berikut :

  1. Low impact aerobic
  2. Higt impact aerobic.
  3. Discorobic
  4. Rockrobic
  5. Aerobic sport
  6. Aerobic dance
  7. Aerobik dengan menggunakan alat

Untuk lebih jelas baca juga : Gerakan Senam Aerobik untuk Mengecilkan Perut

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian aerobik, sejarah senam aerobik, manfaat senam aerobik dan tahapan senam aerobik. semoga uraian diatas cukup jelas dan bisa membantu anda yang ingin melakukan senam aerobik agar tubuh sehat dan bugar.

Pengertian Aerobik, Sejarah dan Manfaat serta Tahapan Senam Aerobik | dank rian | 4.5


Kirim Komentar Anda