Menjalankan Diet Dengan Latihan Fisik

Latihan fisik dapat membantu program diet Anda, sebab dengan latihan fisik berarti Anda telah membakar sebagian kalori dalam tubuh Anda, program diet tidak akan berhasil secepat yang Anda inginkan jika tanpa di iringi dengan latihan fisik.

Menjalankan program Diet Dengan Latihan Fisik

Program diet dengan Latihan fisik yang dapat Anda lakukan terbagi menjadi dua kategori, yang pertama dengan melakukan aktivitas fisik sehari-hari dan yang kedua dengan olahraga. Adapun berbagai aktivitas fisik sehari-hari yang dapat membakar kalori seperti mencuci baju, bersepeda, berjalan, mengecat rumah, dan mengajar juga dapat membakar kalori dalam tubuh Anda. Agar latihan fisik sehari-hari tersebut dapat berjalan dengan maksimal, imbangilah dengan latihan fisik olahraga seperti aerobik dan latihan beban. Baca juga : Menu Diet Atkins untuk Seminggu

Beberapa Olahraga Program Diet dengan Latihan Fisik

  • Aerobik

Berbagai latihan aerobik yang dapat Anda terapkan secara langsung yaitu, senam, jogging, renang, bermain bulu tangkis, sepak bola, tenis lapangan, dan sebagainya.

Beberapa keuntungan yang dapat Anda rasakan setelah melakukan latihan aerobik yaitu, dapat memperkuat organ jantung, meningkatkan massa tubuh tanpa lemak, meningkatkan daya tahan otot, meningkatkan pembakaran karbohidrat dan lemak, meningkatkan kandungan myoglobin dan menurunkan persentase lemak pada tubuh.

  • Latihan beban

Latihan beban merupakan salah satu latihan fisik yang menggunakan banyak peralatan khusus agar dapat menambah massa otot. Namun latihan fisik ini tidak dapat dilakukan oleh semua orang, karena menggunakan peralatan yang cukup mahal. Tetapi ada juga yang dapat dilakukan tanpa peralatan khusus yaitu latihan beban dalam seperti sit up, push up, back up dan chin up.

Selain melakukan latihan fisik seperti diatas Anda juga dianjurkan untuk memperhatikan beberapa hal dibawah ini:

  • Biasakan untuk sarapan sebelum melakukan olahraga pagi Seperti mengkonsumsi sepotong roti agar pada saat melakukan olah raga, perut Anda tidak akan terasa kosong. Sebab jika perut Anda kosong, hal tersebut malah akan memperlambat metabolisme dalam tubuh sehingga mengakibatkan terjadinya penumpukan kalori dalam bentuk lemak.
  • Pada saat melakukan olah raga, lakukanlah sesuai urutan

Awalilah dengan melakukan pemanasan, kemudian inti dan terakhir pendinginan. Hal ini bertujuan agar terhindar dari resiko terjadinya cedera.

  • Kurangilah mengkonsumsi makanan yang mengandung serat sebelum melakukan olah raga, sebab pembakaran kalori dalam serat hanya bersifat semu.
  • Perbanyaklah mengkonsumsi air putih, agar terhindar dari dehidrasi, sebab pada saat melakukan olah raga cairan akan banyak berkurang melalui keluarnya keringat.
  • Lakukan olah raga tersebut secara rutin, disiplin dan progresif. Dengan memulai dari yang mudah ke yang sukar, dari yang ringan ke yang berat, dari yang sederhana menuju yang kompleks dan seterusnya.
  • Pilihlah tempat yang cocok dalam berolahraga, dengan begitu Anda akan merasakan kenyamanan dan ketenangan pada saat berolah raga.
  • Sesuaikan dengan umur, berikut ini beberapa kategori usia dan batasan waktu yang tepat dalam melaksanakan olahraga:
  1. Usia dibawah 5 tahun : 180 menit setiap minggu
  2. Usia 5-18 tahun : 160 menit setiap minggu
  3. Usia 19-64 tahun : 150 menit setiap mingu
  4. Usia diatas 65 tahun : 150 menit setiap minggu
  • Variasikan latihan fisik, sebab melakukan olahraga tanpa divariasikan akan mengakibatkan kebosanan.
  • Usahakan untuk mengkonsumsi makanan ringan setelah selesai melakukan latihan fisik.

Lakukanlah latihan fisik secara rutin dan teratur saat menjalani program diet agar diet yang anda jalani bisa berjalan sukses sesuai dengan yang anda harapkan.

Menjalankan Diet Dengan Latihan Fisik | dank rian | 4.5


Kirim Komentar Anda