Mengetahui Penyebab Perut Buncit dan Bahayanya Bagi Kesehatan Tubuh

Perut buncit sepertinya sudah menjadi pemandangan yang sangat lazim di masyarakat kita saat ini. Kemanapun kita pergi kita tidak akan mengalami kesulitan yang berarti untuk menemukan orang yang perutnya buncit entah itu pria ataupun wanita. Bagi wanita, mungkin perut buncit tidak terlalu kentara karena bisa saja orang lain beranggapan bahwa wanita terseut sedang hamil. Tetapi bagi pria perut buncit tentunya akan sangat terlihat mencolok. Untuk itu perlu kiranya kita memahami penyebab perut buncit dan bahayanya, sehingga kita lebih waspada akan hal tersebut.

penyebab perut buncit dan bahayanya bagi kesehatan

Perut buncit sendiri memiliki ukuran yang berbeda dari satu orang ke orang lainnya. Ada kalanya kita menemui orang yang perutnya sedikit menggembung namun ada pula orang yang perutnya sangat besar membuncit. Dari segi penampilan tentu saja perut buncit sangat tidak elok untuk dipandang, belum lagi orang tersebut pastinya akan mengalami kesulitan untuk mencari pakaian yang cocok dengan ukuran badan khususnya ukuran perut yang buncit tersebut.

Perut buncit tidak datang dengan sendirinya. Penting bagi kita untuk mengetahui penyebab perut buncit dan bahayanya bagi kesehatan tubuh, sebab dengan mengetahui semua hal tersebut akan lebih mudah bagi kita untuk menghindarinya. Juga dengan memahami resiko yang dibawanya maka kita akan lebih termotivasi untuk lebih memperhatikan pola hidup kita dan memastikan kita menerapkan gaya hidup lebih sehat.

Secara umum penyebab dari perut buncit adalah karena menu makanan dan pola hidup yang tidak sehat. Mengkonsumsi makanan berlemak tinggi diketahui menjadi penyebab utama dari perut buncit. Dan parahnya lagi, hampir di semua menu makanan yang kita temukan di restoran berkelas hingga jajanan kaki lima banyak mengandung lemak jahat. Dan timbunan lemak jahat tersebut lah yang menyebabkan perut membesar dan buncit.

Baca juga: cara mengecilkan perut buncit
Lemak bukanlah unsur yang mudah larut dan hilang dari tubuh seperti vitamin jadi lemak akan menempel di bawah kulit di bagian tubuh yang jarang digerakkan termasuk perut. Lemak dikenal sebagai penyebab perut buncit dan bahayanya bagi kesehatan tubuh sangat jelas. Lemak tidak hanya menempel di kulit tetapi bisa juga menjadi penyebab dari sakit jantung.

Lemak jahat seperti kolesterol banyak terkandung pada lemak dan kolesterol ini akan terbawa bersama dengan darah. Apabila kadar kolesterol tinggi di dalam darah, biasanya akan menempel di sepanjang pembuluh darah. Lama kelamaan, timbunan kolesterol di dalam pembuluh darah tersebut akan semakin tebal dan berpotensi menyumbat arteri jantung secara perlahan namun pasti. Dan saat timbunan sudah benar-benar menebal, hal ini pada akhirnya akan mengganggu aliran darah dari dan ke jantung. Dan inilah yang menyebabkan serangan jantung.

Selain lemak, gula darah juga bisa menjadi faktor pemicu perut buncit. Sebenarnya setiap orang secara alami memiliki unsur gula atau glukosa dalam darah hanya saja kadar glukosa antara satu orang dengan orang lainnya bisa jadi berbeda tergantung dari faktor genetika atau menu makanan yang mereka konsumsi.

Kadar glukosa yang tinggi di dalam darah menjadi faktor kuat penyebab perut buncit dan bahayanya bagi kesehatan bisa sangat beragam mulai dari kebutaan hingga sulitnya darah membeku. Darah yang sulit membeku ini bisa sangat berakibat fatal, luka kecil pada kulit akan sulit untuk disembuhkan sehingga harus diamputasi untuk menghindari pembusukan.

Menghilangkan perut buncit bukanlah perkara mudah, butuh komitmen yang kuat dan kerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Merubah pola dan menu makanan menjadi faktor pendukung sedangkan yang paling utama adalah olahraga karena dengan berolahraga kita dapat membakar lemak yang ada di dalam tubuh kita.

Mengetahui Penyebab Perut Buncit dan Bahayanya Bagi Kesehatan Tubuh | dank rian | 4.5


Kirim Komentar Anda