Diet Mediterania Untuk Menurunkan Berat Badan

Diet Mediterania merupakan salah satu cara menurunkan berat badan dengan mengatur pola makan berdasarkan penduduk Timur Tengah yang berada dipesisir Mediterania. Sebab dilihat dari pola makan penduduk tersebut, ternyata mereka menerapkan pola makan yang baik dan sehat, sehingga kebanyakan dari mereka terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya.

menu diet mediterania

Diet memang menjadi salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Namun, tidak sedikit orang yang melakukan diet ketat yang menyiksa tubuh agar berat badan turun dengan cepat. Padahal hal ini bisa berdampak negatif menimbulkan masalah kesehatan. Jika ingin menjalani diet sebaiknya lakukanlah diet yang sehat dan tidak menyiksa, memang hasilnya membutuhkan waktu dan kesabaran, akan tetapi dengan diet sehat badan tidak hanya ideal tetapi juga sehat. Adapun diet sehat yang bisa anda coba yaitu diet mediterania yang dipercaya dapat menurunkan berat badan.

Dalam menjalankan Diet Mediterania ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan diet ini, yaitu sebagai berikut :

  • Pertama, usahakan dua kali dalam seminggu untuk mengkonsumsi ikan.
  • Kedua, hindarkan masakkan Anda dari penyedap rasa dan garam, gantilah dengan menggunakan tanaman herbal dan bumbu alami
  • Ketiga, membatasi mengkonsumsi daging merah
  • Keempat, gunakanlah minyak zaitun untuk mengganti minyak goreng atau mentega pada saat menggoreng makanan agar tubuh tidak terlalu banyak menerima makanan yang mengandung lemak.
  • Terakhir, ketika menyajikan makanan dimeja, usahakan untuk selalu menyediakan jenis makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, gandum dan kacang-kacangan.

Selain beberapa hal diatas, hal lainnya yang dapat Anda lakukan dalam proses diet ini, yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan pada malam hari dengan porsi tertentu dan menjalankan beberapa olahraga fisik secara teratur dan benar.

Dalam menyajikan makanan ketika hendak mengkonsumsinya, pilihlah makanan yang masih terjamin kesegarannya, agar asupan gizi yang berada pada makanan tersebut masih terjaga dengan baik.

Menu Makanan Diet Mediterania

Menurut Dwi Sarbini dosen Prodi Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan UMS, sebagaimana yang kami kutip dari laman Solopos.com. Ada beberapa menu makanan yang dianjurkan dalam diet Mediterania untuk turunkan beran badan. Antara lain Sebagai Berikut :

Pertama : Makanan di dominasi Sayuran dan buah yang masih segar dan utuh tanpa melalui proses masak. Buah dan sayur yang tidak disarankan dalam diet ini yaitu wortel, pisang dan apel.

Kedua : Makanan ringan boleh dalam menu makan namun sebaiknya beralih dari roti gandum dan sereal ke beras gandum atau beras merah dan produk pasta. Salad buah adalah cara yang tepat untuk makan sehat.

Ketiga : Mengganti camilan dengan kacang-kacangan dan biji-bijian yang merupakan sumber serat yang baik, protein dan lemak sehat. Dihindari almond, kacang mete, pistachio dan walnut. Semua itu dapat diganti dengan selai kacang alami, bukan jenis dengan lemak.

Keempat : Mengunakan zaitun atau minyak canola sebagai pengganti sehat untuk mentega atau margarin. Diusahakan selalu menbubuhkan minyak zaitun di atas sayuran dan pasta masak serta selalu menambahkan minyak zaitun dan bawang putih untuk bumbu dalam setip masakan.

Kelima : Sebaiknya mengkonsumsi ikan setidaknya 2 kali dalam seminggu. Ikan sebaiknya di Panggang atau di Bakar, jangan di goreng dan dilapisi dengan tepung.

Keenam : Membatasi daging merah dan sebagai gantinya makan ikan atau unggas. Hindari mengkonsumsi makanan olahan seperti sosis, baso dan makanan olahan lainnya.

Ketujuh : Dipilih susu rendah lemak. Dibatasi produk susu lemak tinggi, seperti keju dan es krim, lebih baik beralih ke susu skim, yoghurt bebas lemak dan keju rendah lemak.

Beberapa penelitian telah menunjukkan ada banyak manfaat yang didapat setelah melakukan diet ini, selain dapat menurunkan badan, Anda juga akan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat membahayakan tubuh. Diantaranya, penyakit Jantung, penyakit Diabetes, penyakit Demensia, penyakit sejenis Kanker, penyakit Obesitas, penyakit Alzheimer dan penyakit Sindroma Metabolik.

Seorang ahli peneliti sekaligus ahli kardiologi, professor dan wakil direktur Program Epidemologi Kardiovaskular di Harvard School of Publik Health yang bernama Dariush Mozaffarian, MD, DrPH. Beliau mengungkapkan bahwa “ Ada banyak manfaat kesehatan, dan bukti yang lebih kuat dan bukti lanjutan jika diet ini dapat melindungi dari penyakit diabetes dan kardiovaskular”.

Setelah melihat berbagai bukti yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli peneliti diatas, dengan begitu Anda sudah tahu bukan bahwa diet ini selain dapat membantu mengatasi berat badan Anda yang berlebih ternyata diet ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Jika Anda memilih diet Mediterania, maka Anda telah mengambil pilihan yang tepat.

Diet Mediterania Untuk Menurunkan Berat Badan | dank rian | 4.5


Kirim Komentar Anda