Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri dan Sebelah Kanan

Cara mengobati sakit perut sebelah kiri dan perut sebelah kanan tentunya berbeda tergantung dengan penyebabnya. Karena itu sangat penting untuk anda mengetahui penyebab sakit perut yang di derita, apakah itu bagian perut sebelah kiri atau bagian perut kanan. Dengan mengetahui penyebabnya maka dapat dilakukan penanganan secara cepat dan tepat.

Cara mengobati sakit perut sebelah kiri dan sebelah kanan

Rasa nyeri pada perut merupakan masalah umum yang terjadi pada semua orang. Hanya saja kondisinya berbeda tiap orang, ada yang mengalami sakit perut biasa yang tidak menganggu dan membahayakan kesehatan. Namun pada sebagian orang sakit perut yang dialami sangat mengangganggu bahkan sampai kram pada perut disertai juga dengan gejala demam, mual dan muntah. Bila hal ini terjadi pada anda sebaiknya segera periksa ke dokter untuk diketahui sebabnya kemungkinan itu pertanda penyakit tertentu.

Mengapa terjadi Sakit Perut?

Berdasarkan lokasi rasa sakit yang diderita, sakit perut terbagi dua yakni sebelah kiri dan sebelah kanan. Menurut Dokter muda Indonesia yang juga seorang penulis yang berkarya di Neuroscience department, Brain and Circulation Institute of Indonesia (BCII) Surya University, yaitu dr. Dito Anurogo, penyebab sakit perut perlu dikenali berdasarkan lokasinya, jika sakit perut sebelah kiri apakah bagian sebelah kiri atas atau kiri bawah dan jika sakit perut sebelah kanan apakah bagian kanan atas atau kanan bawah.

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri dan sebelah kanan :

1. Sakit Perut Bagian Sebelah Kiri
Sakit perut sebelah kiri atas bisa disebabkan oleh Jantung, Lambung, pembuluh darah bermasalah, ginjal dan pangkreas. Sedangkan nyeri pada bagian perut sebelah kiri bawah bisa disebabkan oleh sindrom iritasi usus, infeksi bakteri rahim, ovarium dan tuba Falopi.
Lebih lengkapnya baca penyebab sakit perut sebelah kiri

2. Sakit Perut Bagian Sebelah Kanan
Untuk sakit perut sebelah kanan bagian atas dapat disebabkan oleh Batu empedu, Hernia hiatus, Pankreatitis Akut, Peradangan Dinding Lambung, Radang saluran empedu. Sedangkan bagian kanan bawah disebabkan oleh Hernia Inguinalis, Batu ginjal, Gastroenteritis akibat virus, Radang Usus buntu, Divertikulitis, Endometriosis, Kehamilan ektopik.
Selangkapnya bisa anda baca Penyebab sakit perut sebelah kanan

Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri dan Sebelah Kanan

Jika rasa sakit pada bagian perut yang anda alami benar-benar melilit sebaiknya segera periksakan ke dokter agar dapat didiagnosis penyebabnya dan dapat diobati secara cepat dan tepat. Namun bila anda belum sempat ke dokter karena kendala suatu hal, tips berikut ini bisa anda lakukan sebagai penanganan awal.

  • ¬†Apabila perut terasa sakit sebaiknya beristirahat dengan cara berbaring sampai rasa sakitnya berkurang dan hilang.
  • Masih dalam posisi berbaring, lakukan pengompresan pada bagian perut yang sakit menggunakan handuk yang direndam dengan air hangat.
  • Jangan mengkonsumsi minuman berkarbonasi atau mengandung kafein seperti minuman soda, kopi dan teh, hindari juga minuman yang mengandung alkohol. Perbanyaklah minum air putih tapi secara perlahan.
  • Agar rasa sakit pada perut tidak semakin parah hindari makanan berlemak tinggi.
  • Jauhi makanan yang pedas seperti sambal dan makanan-makanan pedas lainnya.

Diatas hanyalah penanganan awal saja, untuk sakit perut yang sudah diketahui penyebabnya, pengobatan yang dilakukan sebagai berikut :

1. Sakit Perut Akibat Tukak Lambung
Tukak lambung dapat membuat penderitanya mengalami sakit pada bagian perut, sakit di lulu hati, gangguan pencernaan, hilang nafsu makan dan mual. Pada saat perut kosong biasanya rasa sakit akan semakin parah. Untuk memastikan penyakit yang dialami penderita berdasarkan gejala yang terjadi biasanya dokter akan melakukan diagnosis melalui proses endoskopi. Jika dipastikan mengalami tukak lambung dokter akan melakukan penanganan pada pasien dengan memberikan Antibiotik, Penghambat pompa proton, Obat penghambat reseptor H2, Antasida dan alginat. Untuk menghindari kondisi tukak lambung makin parah dan mempercepat proses penyembuhan sebaiknya batasi konsumsi minuman keras, Berhenti merokok, Mengurangi konsumsi teh dan kopi, Mengonsumsi produk berbahan dasar susu, hindari makanan pedas dan Makan dengan porsi kecil.

2. Sakit perut akibat Radang Pengkreas (Pangkreatitis Akut)
Bila anda merasakan nyeri herbat di bagian perut atas seperti di remas dan menyebar ke punggung hingga bagian bawah bisa jadi itu gejala Radang Pangkreas. Pangkreatitis merupakan penyakit yang terjadi akibat peradangan di dalam Pangkreas, selain sakit perut gejala lain yang mingkin terjadi antara lain Diare, demam, mual dan muntah serta kulit dan bagian putih mata menguning. Pembengkakan yang terjadi membuat penderita radang pangkreas akan merasa sakit pada bagian perut saat disentuh. Apabila anda mengalami gejala seperti diatas segera periksakan ke dokter untuk memastikan penyakit yang anda alami. Biasanya dokter akan memberikan obat pereda rasa sakit dan memberikan Pengobatan suportif seperti oksigen dan cairan infus. Pada kondisi yang cukup berat pasien dilarang mengkonsumsi makanan padat, pemberian nutrisi cairan dilakukan lewat selang melalui hidung. Makanan padat bisa di konsumsi pasien jika sudah pulih sepenuhnya.

3. Sakit Perut di sebabkan Batu Ginjal
Batu Ginjal merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan sakit pada perut. Gejala yang terjadi biasanya timbul rasa nyeri pada pinggang, Sakit perut di bagian bawah, dan selangkangan. Gejala lain yang timbul bisa berupa demam, menggigil dan muntah-munta. Batu ginjal bisa disebabkan oleh makanan dan masalah kesehatan lain. Cara mengobati batu ginjal terbagi dua, jika ukuran batu ginjal masih kecil atau sedang masih bisa melewati saluran kemih dokter akan menyarankan minum air putih saja sesuai takaran agar batu ginjal dapat terdorong keluar. jika batu ginjalnya lebih besar maka dilakukan tindakan operasi untuk mencegah kondisi yang lebih parah, namun penanganan dengan operasi jarang dilakukan.

4. Sakit Perut Di sebabkan Kehamilan Ektopik
Pada wanita hamil sakit perut bisa juga disebabkan oleh kehamilan ektopik. Penyebab pasti kehamilan ektopik kadang sulit untuk diketahui. Tapi umumnya disebabkan oleh kerusakan tuba Falopi. beberapa faktor yang memicu kondisi ini antara lain Inflamasi (infeksi), pernah mengalami kehamilan ektopik, alat kontrasepsi, dan masalah kesuburan. Gejala yang terjadi biasanya timbul rasa nyeri pada bagian tulang punggung, sakit perut, nyeri pada bahu, mual dan muntah, pusing, pendarahan ringan dari vagina dan menstruasi berhenti. Bila mengalami gejala tersebut sebaiknya periksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan sebab jika benar mengalami kehamilan ektopik perlu penganan serius karena kehamilan ektopik termasuk kondisi darurat. Untuk mengatasinya dan supaya tidak terjadi komplikasi jaringan ektopik harus diangkat agar tidak berakibat fatal bagi penderitanya.

5. Sakit Perut Akibat Radang Usus Buntu
Radang usus buntu atau apendisitis merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, tapi umumnya terjadi pada kalangan usia 10-20 tahun. Radang usus buntu karena adanya penyumbatan pada usus buntu yang menyebabkan Inflamasi dan pembengkakan. Gejala yang dialami penderita apendisitis antara lain demam, kehilangan nafsu makan, nyeri atau sakit di bagian perut sebelah kanan bawah, mual dan muntah, sakit ketika buang air kecil dan kram perut. Untuk mengobati penyakit usus buntu dilakukan melalui operasi apendektomi (operasi pengangkatan usus buntu).

Mengobati sakit perut baik sebelah kanan maupun sebelah kiri sebelum kondisinya semakin parah adalah keputusan yang bijak. Anda jangan menganggap sepele sakit perut sebab bila kondisinya sudah parah akan lebih sulit diobati dan bisa membahayakan kesehatan anda.

Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri dan Sebelah Kanan | dank rian | 4.5


Kirim Komentar Anda